Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis Dan Tenang


Ketenaran Pantai Pandawa Bali memanglah tak sepopuler pantai Kuta atau Sanur di Pulau Bali. Namun, tahukah Kamu bahwa pantai yg satu ini dikenal bersama pasir putihnya yg lembut & birunya air laut yg mengagumkan. 
Pantai Pandawa masihlah sebuah alternatif bagi Kamu yg mau merasakan ketenangan sembari menikmati wisata pantai yg menyenangkan di Bali. Sampai waktu ini, Pantai Pandawa masihlah tetap dikembangkan buat jadi suatu destinasi wisata bahari di Bali yg tak kalah dengan pantai-pantai yang lain yg sudah lebih dulu terkenal. 
Pantai Pandawa Bali terletak di sektor selatan Propinsi Bali, secara wilayah administratif masuk dalam wilayah Desa Kutuh, Kecamatan Kutu, Kab Badung. Inilah sebabnya, salah satu obyek wisata di Bali ini juga dikenal dgn sebutan Pantai Kutuh. Kamu cuma butuh menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer dari Nusa Dua utk bisa tiba di Pantai Pandawa. Sebelum pembenahan infrastruktur dilakukan pemerintah lokal, akses menuju pantai ini demikian sukar & membuat tenggelam potensi gede yg dimilikinya. 
Inilah yang menyebabkan pantai Pandawa di Bali sempat dilekatkan dgn sebutan “Secret Beach” atau pantai rahasia sebab letaknya yg memang lah tersembunyi. Bentang alam disekitar pantai terdiri dari tebing-tebing tinggi yg ditumbuhi semak belukar. 
Walaupun begitu, magnet eksotis pantai ini akhirnta terkenal dikalangan pelancong. Elemen paling monumental & jadi titik balik pantai Pandawa Bali yaitu sewaktu Desa Kutuh mendapatkan posisi runner-up pada lomba desa tingkat nasional di thn 2011 silam. Sejak itulah promosi pantai ini mulai intensif di jejaring sosial sampai halaman web online. Bak gayung bersambut, Pemerintah Kab Badung pun membenahi akses ke pantai tersebut dengan menciptakan jalan sepanjang 1,5 kilo meter melintasi tebing kapur yg tinggi. 

Waktu Kamu dalam perjalanan menuju pantai Pandawa, Kamu akan menonton tebing-tebing megah terbelah oleh jalanan. Ini menyuguhkan satu buah pamandangan yg unik. Cocok dgn namanya yg diambil dari kisah pewayangan populer, lima tokoh Pandawa, Kamupun dapat melihat lima patung Pandawa yg berdiri berjejer sewaktu menuju pantai ini. 
Alamat Pantai Pandawa : Jl. Nusa Dua, Kuta Selatan, Kab Badung, Bali | Telp.(0361) 2725367

Aktivitas Menarik di Pantai Pandawa Bali 

Kegiatan paling populer di pantai Pandawa Bali yaitu berenang, tidak cuma itu pula berkano & paragliding. Tetapi, hendaknya lebih berhati-hati apabila Kamu mau laksanakan kegiatan berkano atau berenang mengingat angin & gelombang laut di pantai ini belum bisa diprediksi dengan cara presisif. Tapi bagi para wisatawan asing, trik paling terkenal utk menikmati Pantai Pandawa yakni dengan bmelakukan surfing alias berselancar. 
Area pantai Pandawa jauh lebih santai dari hiruk pikuk wisata ketimbang apa yg bisa Kamu temui di Pantai Kuta atau Legian. Inilah alasan kenapa para penikmat wisata bahari datang ke pantai Pandawa ini buat mengicipi pengalaman wisata yg tidak sama. 

Terkecuali itu, Kamu bahkan bisa sekedar bersantai di warung-warung yg terletak dipinggir pantai ini. Dari situ, Kamu bakal menikmati panorama pantai sembari menikmati segarnya air kelapa & menyantap jagung bakar. Satu elemen yg lebih menyenangkan, harga makanan di kawasan pantai Pandawa Bali ini tidaklah semahal seperti yg ada di pantai-pantai yang lain. jikalau Kamu telah sejak mulai merasa bosan, Kamu bias mencoba buat menikmati pijat refleksi di tenda-tenda yg berdiri di sepanjang pantai Pandawa tersebut. 
Seandainya Kamu mau berjemur di tepian pantai, trick yg seringkali dilakukan wisatawan yaitu dengan memilih jalur disebelah kiri diwaktu masuk pantai. Karena, Pantai Pandawa di Bali ini terbagi ke dalam dua area pantai dimana disisi sebelah kanan, Kamu bisa mencoba olahraga air. Berkano yakni salah satu olahraga air yg layak Kamu coba kala ke pantai ini. Dgn kano, Kamu bisa menjelajahi sepanjang pesisir pantai. Serta harga sewa kano di Pantai Pandawa pun tidaklah mahal.

Tidak Cuma itu, tidaklah rugi jika Kamu mau sekedar berjalan-jalan menyusuri pinggiran pantai sembari menonton kegiatan para petani rumput laut. Hamparan pasir putih, deburan ombak yg lembut, pun air laut yg jernih sungguh mengambil kedamaian wisata bahari yg mengesankan. Kamu bahkan bisa berinteraksi bersama petani rumput laut di sana buat mendapati wawasan menyangkut budidaya tanaman rumput laut. Sejak zaman 1980-an, masyarakat lokal benar-benar sudah menjadikan pantai ini sebagai salah satu area berbudidaya rumput laut. 
Terkecuali pasir pantainya yg putih bersih, Pantai Pandawa mempunyai daya tarik lain, yakni konservasi terumbu karang, tebing-tebing kapur bersama goa area patung Pandawa, wisata budaya, wisata spiritual, & pasti saja budidaya rumput laut. 

Tak ketinggalan juga keberadaan patung-patung Pandawa & Ibu Kunti yg jadi salah satu spot menarik di pantai Pandawa Bali. Patung-patung ini dipahat oleh seniman lokal Bali & didanai lewat donasi dari investor. Pasti saja, berfoto di patung Arjuna merupakan satu kegiatan yg tidak jarang dilakukan wisatawan di pantai ini. 
Ada serta satu aspek yg butuh utk dimengerti. Pantai Pandawa di Bali termasuk  salah satu kawasan pantai yg disucikan warga lokal. Setidaknya, terdapat enam tempat yg disucikan di kawasan pantai ini, ialah tempat batu cupid, area upacara Melasti, Pura Dalem Segara, sumur sumber air minum penduduk desa, Sawan Wela, & Sawan Sambing. 
Oleh karenanya, sejak thn 2004 pantai ini sudah dilindungi oleh hukum adat. Siapapun yg melanggar peraturan yg berlaku di sana, tentu bakal mendapati sanksi adat. Itu pun sebabnya Kamu bias melihat banyaknya papan peringatan utk tak melaksanakan kegiatan berbau seksual di sekian banyak areal di kawasan pantai Pandawa tersebut. 

Hotel di Pantai Pandawa Bali 

Mengingat letak pantai yg tersembunyi & jauh dari pemukiman, tak ada satupun penginapan yg sanggup Kamu dapatkan di kawasan pantai Pandawa. Para pelancong biasanya mencari penginapan di kawasan seputar Nusa Dua sebab jaraknya yg terbilang dekat dari pantai Pandawa ini. 
Pasti saja, ada tidak sedikit penginapan di Nusa Dua, baik hotel sampai aneka resor & guest house. Kamu bisa mencari hotel atau penginapan dengan cara online guna mengetahui ketersediaan kamar. Salah satu booking online yg terkenal yaitu AGODA. 

Cara Menuju ke Pantai Pandawa Bali 

Perjalanan dari Bandar Hawa I Gusti Ngurah Rai ke pantai Pandawa Bali cuma memakan waktu tempuh lebih kurang 1 jam saja. Seandainya Kamu memakai kendaraan pribadi, Kamu bisa tiba lebih dulu di daerah Kuta, kemudian lanjut ke arah Garuda Wastu, setelah itu berbelok ke arah kiri menuju Bali Cliff atau Nusa Dua. Di sana, Kamu bakal menjumpai papan arah bertuliskan “Pantai Pandawa”, kemudian berbeloklah ke kiri sampai menemukan perempatan, & tetap ikuti saja jalannya sampai akhirnya Kamu tiba di lokasi pantai Pandawa. 
Apabila Kamu mau akses yg lebih cepat ke Pantai Pandawa Bali, Kamu bisa menempuh jalur dari Kampus Udayana atau dari Jimbaran. Buat pilihan moda transportasi, sebaiknya memanfaatkan mobil atau motor sebab transportasi umum lumayan susah di sana utk mengantarkan Kamu ke Pantai Pandawa.

0 komentar