Pesona Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri Yang Indah Dan Artistik

simpang lima gumul
Simpang Lima Gumul aslinya yaitu suatu persimpangan jalan yg meeting point lima ruas jalan. Di kawasan simpang ini, dibangun suatu monumen indah yg megah yang mempunyai rancangan arsitektural yg terinspirasi dari Monumen L’Archde Triomphe di Paris. Monumen ini populer dgn sebutan Monumen Simpang Lima Gumul sampai sekarang, jadi ikon wisata di kawasan tersebut yg senantiasa ramai dikunjungi.

Simpang Lima Gumul menurut administratif berada di wilayah Desa Tugurejo, Kab Kediri, jatim. Persimpangan jalan ini mempunyai fungsi mempertemukan lima ruas jalan menuju daerah Pare, Pagu, Plosoklaten, Gampengrejo, & Pesantren. Kawasan ini dulu dikenal denagn sebutan Proliman. Berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota, Kamu cuma membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit utk bisa tiba di salah satu lokasi wisata di Kediri ini. 

Kebanyakan, mereka yg sudah berkunjung ke kawasan wisata Simpang Lima Gumul mempunyai kesan yg istimewa kepada monumen megah yg ada di sana. Monumen Simpang Lima Gumul mempunyai luas 804 meter persegi, dengan tinggi sampai 25 meter. Di lantai bawah, Kamu bisa melihat tiga buah tiang tumpuan setinggi 3 meter. 

Angka-angka tersebut menyimbolkan hari lahirnya kota Kediri, yaitu pada tanggal 25 Maret th 804 Masehi. Pembangunan monumen di Simpang Lima Gumul ini dimulai sejak thn 2003 hasil prakarsa Bupati Kediri & benar-benar ditargetkan juga sebagai salah satu sentra ekonomi baru sekaligus ikon Kab Kediri. 

Kamu bakal menjumpai arca Ganesha di tiap-tiap muka monumen ini. Arca ini sebagai simbol atas Wawasan juga Kecerdasan, di samping juga sebagai simbol Kebijaksanaan, Penolak Bala, & Pelindung. Tidak Cuma itu, terdapat pahatan-pahatan relief yg menceritakan sejarah Kab Kediri. 
Ada 16 gambar yg terpahat di sana, 9 di antaranya menggambarkan seni & budaya Kediri. Di dalam Monumen Simpang Lima Gumul, terdapat aula pertemuan yg berada di gedung utama. sedangkan di lantai atasnya, ada satu buah auditorium & Kamu akan menemukan minimarket yg menjual suvenir di lantai bawahnya. Selain itu, terdapat area serba guna di basement gedung. 

Hal Menarik Dari Simpang Lima Gumul 

Di tiap-tiap pojok jalan di persimpangan ini, terdapat areal parkir. Ini memungkinkan Kamu agar lebih gampang memarkirkan kendaraan. Dari area parkir, Kamu bisa melintasi terowongan bawah tanah utk bisa menginjakkan kaki di monumen Kediri yg megah dan cantik ini. 

terowongan penghubung area parkir dan monumen
Jangan lupa untuk berfoto seperti yg kerapkali dilakukan para pelancong di monumen Simpang Lima Gumul. Ada sekian banyak spot menarik utk mengabadikan poto di kawasan monumen ini. Salah satu yg terkenal ialah lorong bawah tanah yg menghubungkan parkiran dgn monumen. Spot berfoto yang lain ialah di sektor tengah monumen dengan menjadikan Monumen Simpang Gumul ini sebagai background. Ruang dekat patung atau taman juga menjadi spot menarik yang lain. 

Kalau Kamu datang ke monumen ini, Kamu bias menonton warga lokal sampai wisatawan menikmati waktunya denagn bersantai, mulai dari sekedar berkumpul, bercengkerama, maupun bersantai di sekitar monumen. 

Diwaktu tengah malam hri tiba, kawasan Simpang Lima Gumul senantiasa ramai visitor. Kamu akan menjumpai para pedagang kaki lima yg menjajakan aneka makanan, minuman, sampai souvenir di pasar Tugu. Pasar ini dinamakan “tugu”, berasal dari singkatan “setuminggu”, yg berarti Sabtu & Minggu. Pasar ini amat sangat ramai dengan kedatangan orang, terutama pada hari Sabtu tengah malam & Minggu pagi. 

ajang kumpul berbagai komunitas
Saat hari-hari libur, monumen di buka untuk umum. Artinya, Kamu bisa masuk & naik ke atas monumen utk melihat pemandangan & kegiatan yg berlangsung di kawasan monumen ini. 
Sebagai informasi, pemerintah lokal rutin mengadakan aktivitas seni budaya sampai pameran product unggulan dari Kab Kediri. Event & lomba tidak jarang diselenggarakan di kawasan Simpang Lima Gumul, seperti dragrace, jambore nasional VW, & sebagainya. Kawasan ini pula biasa dijadikan sbg area gathering dari bermacam komunitas atau perkumpulan yg ada di Kediri. 

gumul paradise island
Di area Simpang Lima Gumul, pun terdapat satu buah lokasi yg menyuguhkan wahana permainan, yaitu Gumul Paradise Island. Area ini mempunyai wahana permainan & hiburan menarik, seperti bodyslide, speedslide, funboomerang, kolam jamur, kolam bak tumpah, sampai flyingfox. Sarana yang ada juga terbilang kumplit, seperti mushala, toilet, foodcourt, toko oleh-oleh, & loker. 

Jalur Perjalanan ke Simpang Lima Gumul 

Tak susah buat mencapai lokasi Simpang Lima Gumul ini. Salah satu jurusan yg bisa diambil yakni lewat Surabaya – Pare – Kediri. Di kawasan ini juga sudah dibangun sub terminal penumpang yg memungkinkan tiap-tiap wisatawan dari luar Kediri bisa segera tiba di kawasan wisata Simpang Lima Gumul. 

Area Simpang Lima Gumul tak terdapat di Kota Kediri, tetapi berjarak sekitar 6 kilo meter dari pusat kota. Perjalanan memakai kendaraan bermotor membutuhkan waktu kira kira 10 menit.

0 komentar